Halaman

Senin, 24 November 2014

Kisi Kisi Dan Soal Kelas 5 Tema 5 SD



KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

TEMA : 5
KELAS/SEMESTER : 5/1
KOMPETENSI INTI :
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
Materi/Tema
Indikator Soal
Bentuk Soal
Nomor Soal
Bahasa Indonesia

3.2. Menguraikan isi teks tentang penjelasan proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet anggota btubuh manusia, hewan, tumbuhan dan fungsinya serta sistim pernafasan dengan bantuan guru dan teman dengan bahasaIndonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor import sebagai kegiatan ekonomi anntar bangsan denngan bantuan guru dan teman dalam bahasa Inndonesia lisan dan tulis, dengan memilih dan memilah kosakata baku









3.4. Menggaali informasi dari teks dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara  denngan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis, dengan memilih dan memilah kosakata
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
3.2.1. Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
3.2.2. Menjelaskan dan membandingkan bagian-bagian batang, dan bunga  tumbuhan
3.2.3. Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan eksport-import jasa antara indonesia dan luar negeri


3.3.1. Menunjukkan jenis barang yang dieksport dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan
3.3.2. Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri
3.3.3.. Menunjukan conntoh-contoh pertukaran barang antara Idonesia dengan luar negeri
3.3.4. Menjelaskan manfaat  perdagangan internasional dalam bidang tekhnologi

3.4.1.Mendeskripsikan kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdapat pada pantun dan syair
3.4.2. Mendeskripsikan penampakan alam utama Indonesia dalam pantun dan syair
3.4.3.Mendeskripsikan sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitannya dengan lingkungan alamya melalui pantun dan Syair
3.4.4. Menjelaskan bentuk- bentuk kegiatan eksport in por


Pilihan Ganda









Isian






uraian
1,2,3,
20










21,22, 34





36





Matematika

3.1. Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
3.1.1. Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang
3.1.2.  Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
3.1.3. Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua antara 25 sampaai 1000
3.1.4. Menentukan akar pangkat tiga pada bilangan kubik
3..1.5. melakukan operasi hitung yang melibatkan bilanngan berpangkat tiga
PG




Isian




uraian
4,5,6




23,24,
25



37,38
IPA

3.2. Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
3.2.1. Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri
3.2.2. Membandingkan bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, batang, bunga dan daun
3.2.3. Memberikan contoh bagian-bagian tumbuhan yang dapat dirmanfaatkan  oleh manusia
PG




Isian


uraian
7,8,9, 17,19



26,
27,28




PJOK

3.1. Memaahami pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
3.3. Memahami konsep variasi dan kombinasi pada gerak dasar dalam atletik nomer lompat dan lempar melalui permainan/ olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru ( candiorespiratory ) untuk pengembangan kebugaran jasmani
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
3.1.1. Menceritakan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh

3.3.1. Menjelaskan teknik berlari yang benar
3.5.1. Menjelaskan manfaat latihan daya tahan jantung dan paru
3.5.2.Menyebutkan contoh-contoh aktifitas daya tahan jantung dan paru
PG
10,11
SBdP

3.1Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa
3.3. Memahami fungsi proferti yang digunakan dalam tari
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
3.1.1. Menyebutkan prinsip-prinsip seni dalam berkarya seni rupa
3.3.1. Menjelaskan properti tari
PG

Isian

uraian
12,13

29

30

PPKn

3.1. Memahami simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah





























3.4. Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
3.1.1. Menjelaskan makna simbol dari sila pancasila dalam lambang negara Garuda pancasila
3.1.2. Menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam siola ke- lima pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
3.1.3. Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Negara Garuda Pancasila
3.1.4. Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandunng dalam sila ke-4 pancasila dalam lambang negara republik Indonesia
3.1.2. Memberikan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam siola ke- lima pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
3.4.1. Menjelaskan hubungan antara koperasi dengan nilai-nilai persatuan
PG



Isian

uraian
14,
18,19,
20

30,33

39

IPS

3.3. Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografisn di wilayah Indonesia
3.4. Memahami manusia  Indonesia dalam aktifitasyang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan social, ekonomi dan budaya dalam masyarakat Indonesia
3.5. Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial budaya dan ekonomi
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
3.3.1. Mengidentifikasi kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia
3.4.1. Mengenal bentuk, fungsi dan peran kelembagaan ekonomi yang ada di masyarakat





3.5.1.Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya
PG




uraian
15-16




31
                                                                           Parungpanjang, 10 November 2014
                                                                                         
                                                                                                            Guru Kelas 5




































Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar